top of page

Wasir - Ambeien - Hemoroid

Updated: Nov 22, 2023


Wasir/ambeien/Hemorroid adalah pembengkakan pembuluh darah di dinding anus (vena hemoroidalis).

 

Terjadi karena:

(1). tekanan di dalam pembuluh darah akibat: hamil, aktivitas berat, sering mengedan  

(2) iritasi anus akibat makanan atau gangguan pencernaan / asam lambung tinggi.

 

Gejala:

Keluhannya ada benjolan yang keluar masuk anus (internal) atau benjolan diluar anus saja (eksternal),  benjolan kadang terasa nyeri, berdarah saat BAB, dan timbul lendir yg mengotori celana dalam.

Stadium:

Wasir internal dibagi menjadi 4 stadium:

Stadium 1, benjolan masih kecil di dalam anus sehingga keluhan keluar darah saat BAB tanpa ada benjolan

Stadium 2, benjolan keluar saat BAB tetapi selesai BAB segera masuk sendiri

Stadium 3, benjolan keluar saat BAB dan lama masuk kembali atau harus didorong masuk

Stadium 4, benjolan  tidak bisa dimasukkan kembali karena ukuran besar atau sedang meradang

 

Wasir eksternal tidak dibagi menjadi stadium tetapi bila meradang, darah dalam pembuluh wasir terperangkap membentuk gumpalan be- kuan darah atau trombosis. Keadaan ini memerukan tindakan segera untuk mengurangi nyeri.

 

Terapi: 

Wasir bersifat progresif, makin lama makin membesar sehingga lebih baik dilakukan treatment yang segera pada stadium awal dengan disertai modifikasi pola makan/hidup.

Pemberian obat, salep dan suppositoria digunakan pada wasir akut stadium 1 dan 2. Pemberian obat bertujuan mengurangi keluhan nyeri,berdarah dan pembengkakan. Tindakan minimal seperti penyuntikan sklerosan (skleroterapi), Pengikatan (rubber band ligation), Bipolar atau Radiofrequency Coagulation masih bisa menjadi pilihan untuk wasir stadium ringan.

Bila target ingin tuntas maka tindakan pengangkatan wasir diindikasikan bagi pasien dengan wasir internal stadium 3 dan 4, juga pada wasir eksternal. Berbagai pilihan bedah dapat dilakukan dengan segala keunggulan dan kekurangannya.

Metode tercanggih saat ini yaitu Laser Hemoroidoplasty dan Ligasure Bipolar Hemoroidektomy telah nyata menggantikan prosedur bedah konvensional dan Stapler hemoroidoraphy yang lebih inferior.











bottom of page